Beranda > Aturan, Bahasa Indonesia, Ejaan > Singkatan dan Akronim

Singkatan dan Akronim

Singkatan adalah bentuk yang dipendekkan yang terdiri atas satu huruf atau lebih.

1. Singkatan nama orang, nama gelar, sapaan, jabatan, atau pangkat diikuti dengan tanda titik.

Contoh:
A.S. Surajuddin
Muh. Yamin
Djaja Hs.
M.B.A. master or business administration
M.Sc. master of science
S.E. sarjana ekonomi
Bpk. bapak
Sdr. saudara

2. Singkatan nama resmi lembaga pemerintah dan ketatanegaraan, badan atau organisasi, serta nama dokumen resmi yang terdiri atas huruf awal kata ditulis dengan huruf kapital dan tidak diikuti dengan tanda titik.
Contoh:
DPR – Dewan Perwakilan Rakyat
PT – Perseroan Terbatas
KTP – Kartu Tanda Penduduk

3. Singkatan umum yang terdiri dari tiga huruf atau lebih diikuti satu tanda titik. Singkatan yang terdiri dari dua huruf diikuti tanda titik pada setiap hurufnya.
Contoh:
dll. – dan lain-lain
dsb. – dan sebagainya
sda. – sama dengan di atas
Yth. – Yang terhormat

a.n. atas nama (bukan a/n)
d.a. dengan alamat (bukan d/a)
u.b. untuk beliau (bukan u/b)
u.p. untuk perhatian (bukan u/p)

4. Lambang kimia, singkatan satuan ukuran, takaran, timbangan, dan mata uang tidak diikuti tanda titik.
Contoh:
Cu (kuprum/timah)
TNT (trinitroluen)
cm (sentimeter)
Rp (rupiah)

Akronim ialah singkatan yang berupa gabungan huruf awal, gabungan suku kata, ataupun gabungan huruf dan suku kata dari deret kata yang diperlakukan sebagai kata.

1. Akronim nama diri yang berupa gabungan huruf awal sari deret kata ditulis seluruhnya dengan huruf kapital.
Contoh:
ABRI – Angkatan Bersenjata Republik Indonesia
LAN – Lembaga Administrasi Negara
IKIP – Institut Keguruan Ilmu Pendidikan

2. Akronim nama diri yang berupa gabungan suku kata atau gabungan huruf dan suku kata dari deret kata ditulis dengan huruf awal huruf kapital.
Contoh:
Akabri – Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia
Bappenas – Badan Perencanaan Pembangunan Nasional

3. Akronim yang bukan nama diri yang berupa gabungan huruf, suku kata, ataupun gabungan huruf dan suku kata dari deret kata seluruhnya ditulis dengan huruf kecil.
Contoh:
pemilu – pemilihan umum
rapim – rapat pimpinan

Jika dianggap perlu membentuk akronim, hendaknya diperhatikan syarat-syarat berikut:
1) Jumlah suku kata akronim jangan melebihi suku kata yang lazim pada kata Indonesia.
2) Akronim dibentuk dengan mengindahkan keserasian kombinasi vokal dan konsonan yang sesuai dengan pola kata Indonesia yang lazim.

Kata hari ini:
Pakailah dll. (dan lain-lain) atau dsb. (dan sebagainya) saja. Jangan memakai dlsb. (dan lain sebagainya) karena dlsb. tidak terdefinisikan artinya dalam bahasa Indonesia.

About these ads
  1. dini
    29 Maret 2010 pukul 06:18

    makasi

    Sama-sama ^_^

  2. Tama
    15 Juli 2010 pukul 16:54

    Terima kasih sangat detil dan sangat membantu.
    Selama ini yang saya ketahui adalah ( hanya ) :

    1.Singkatan adalah memendekkan beberapa kata dengan memanfaatkan huruf awal dari kata-kata yang hendak dipendekkan dan ditulis dalam huruf kapital tanpa memberi tanda titik , misalnya Angkatan Bersenjata Republik Indonesia menjadi ABRI.

    2.Akronim adalah memendekkan beberapa kata dengan memenggal suku kata pada tiap suku kata dan tidak semua ditulis dalam huruf kapital , misalnya Warung Serba Ada menjadi Waserda.

    Ada yang bisa melakukan koreksi atau menambahi? Terima kasih.

  3. 25 Juli 2010 pukul 13:11

    makasih yaa

  4. 30 Juli 2010 pukul 06:54

    Ini sumbernya dari mana ya?

    Dari buku saku EYD, di daftar pustaka ada, kok ^_^

  5. 19 Oktober 2010 pukul 14:10

    makasih ya .. mbk atau siapa pun kk .. maksih bnyak uda sedikit membantu mngerjakan tugas .. :D

  6. Ria
    17 Januari 2011 pukul 12:05

    Makasih yaa atas bantuannya aku tidak bisa mengerjakan soal tanpa ngeliat ini sekali lagi makasih yaa

    Trims on helping me can’t do a matter not see this more trims

  7. 22 Februari 2011 pukul 17:12

    ternyata akronim juga punya aturan penulisan tersendiri. baru tahu aku :D

  8. Ilyas
    9 Maret 2011 pukul 04:44

    tq2

  9. Matrix
    20 Maret 2011 pukul 04:05

    Bagaimana kalau singkatan seperti a.n. atau u.p. berada di awal kalimat? Apakah huruf depan singkatan tersebut harus kapital? Contoh :
    a.n. Kepala Badan Kepegawaian Negara
    ataukah
    A.n. Kepala Badan Kepegawaian Negara

    Terima kasih sebelumnya.

    Aduh, saya tidak tahu mana yang benar. Ada yang bisa jawab?

  10. eva ajjha
    6 Mei 2011 pukul 11:54

    mkciiihh yaaa tllah membantu saiia :)

  11. amigoes
    27 Juni 2011 pukul 04:54

    Salam kenal, mbak. Saya juga seorang pemerhati bahasa Indonesia meskipun tidak kuliah di jurusan bahasa atau sastra (saya di jurusan Ilmu Komputer). Mbak, ada satu hal yang mungkin perlu diperbaiki. Di poin nomor 3, masih ada bentuk tidak baku yang Mbak gunakan, yaitu “terdiri dari”, padahal di beberapa poin sebelumnya sudah ada bentuk baku . yaitu, “terdiri atas”. Demikian sedikit koreksi dari saya, selamat ber-blog ria (saya bukan blogger aktif, hanya suka blogwalking)

    Sebenarnya saya tidak tahu mana yang benar, tapi, saya menulis berdasarkan apa yang tertulis di buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan yang dikeluarkan oleh Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional, Republik Indonesia. Tepatnya pada halaman 22 di buku tersebut. :)

  12. 10 Oktober 2011 pukul 11:45

    1. Badan Pembinaan Hukum Nasional apabila disingkat menjadi Babinkumnas
    2. Badan Koordinasi Pelaksanaan (Instruksi Presiden) apabila disingkat menjadi Bakolak (Inpres)
    3. Badan Komunikasi Penghayatan Kesatuan Bangsa apabila disingkat menjadi Bakom PKB
    4. Badan Koordinasi Pembangungan Daerah apabila disingkat menjadi Bakopda
    5. Badan Koordinasi Penyelenggaraan Transmigrasi Nasional apabila disingkat menjadi Bakoptranas
    6. Badan Koordinasi Keamanan Laut apabila disingkat menjadi Bakorkamla
    7. Badan Koodinasi Pengawas Aliran Kepercayaan Masyarakat apabila disingkat menjadi Bakorpakem
    8. Badan Koordinasi Stabilitas Nasional apabila disingkat menjadi Bakorstanas
    9. Badan Koordinasi Stabilitas Nasional Daerah apabila disingkat menjadi Bakorstanasda
    10. Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional apabila disingkat menjadi Bakosurtanal
    11. Asosiasi Kontraktor Air Indonesia apabila disingkat menjadi AKAINDO
    12. Akademi Komunikasi Indonesia apabila disingkat menjadi Akindo
    13. alat utama sistem pertahanan apabila disingkat menjadi alutsista
    14. Asosiasi Industri Ketel Uap dan Bejana Bertekanan Indonesia apabila disingkat menjadi AKUBBI
    15. Amanat Penderitaan Rakyat apabila disingkat menjadi Ampera
    16. Asosiasi Muslim Pengusaha Umrah dan Haji apabila disingkat menjadi AMPUH
    17. Asosiasi Perusahaan Inspeksi Teknik Indonesia apabila disingkat menjadi APITINDO
    18. Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia apabila disingkat menjadi APKOMINDO
    19. Asosiasi Perusahaan Klining Indonesia apabila disingkat menjadi APKLINDO
    20. Asosiasi Pabrik Kabel Listrik Indonesia apabila disingkat menjadi APKABEL
    21. Asosiasi Pengusaha Warnet Komunitas Telematika apabila disingkat menjadi APWkomitel

    mbak apa kalimat2 diatas i2 termasuk Akronim

  13. 11 Oktober 2011 pukul 05:20

    mbak tolng dibls seceptnx

    Iya, semuanya akronim, kan sudah ada definisinya :)

  14. sherly
    17 Oktober 2011 pukul 10:50

    makasih banget yeah dengan adanya informasi ini,tugas sekolahku bisa terselesikan….

    ^_^

  15. 17 Oktober 2011 pukul 10:58

    makasih banget yeah…

    berkat informasi ini,aku bisa menyelesaikan tgs sklhku…

    ^_^

  16. 19 Oktober 2011 pukul 05:31

    makasih makasih haha kalian udah kasih banyak kata

    hehehehehehehehhehehehehhe

  17. 20 Oktober 2011 pukul 02:42

    Terima kasih kembali… ^_^
    Jika ada tambahan atau saran atau kritikan, silakan disampaikan.. maaf kalau saya belum meneruskan menulis, masih banyak hal penting lainnya :)

  18. Viola Cahaya Lala
    7 November 2011 pukul 11:56

    sangat membantu, terimakasih

  19. 8 November 2011 pukul 01:44

    bagaimana bentuk akronim yang benar di bawah ini
    a.SBYBebudi-SBY Berbudi-SBYBUD
    b.JK Win-JKWIN-JKWirto-JKWIRTO
    c.Mega Pro-MegaPro-Mega Prabo
    d.Pilkad-Pilkadal-Pemikada-Pemikadal
    e.Mentamben-Menpertamben-Menpertaen

  20. dinda
    9 November 2011 pukul 13:02

    ternyata dll,dst
    termaksud akroinim saya baru tau

  21. 9 November 2011 pukul 13:06

    saya baru tau bahwa a.a
    ada dlm kata akronim

  22. ATA Amelia
    20 November 2011 pukul 07:23

    wahh wah -___-”

  23. 19 Januari 2012 pukul 07:35

    jelek

  24. 7 Februari 2012 pukul 13:02

    blognya bagus , bisa membantu saya :) thanks yaa :)

  25. firginia
    9 Februari 2012 pukul 08:44

    Terima kasih atas bantuannya mengerjakan pr

  26. alan tanaka
    9 Mei 2012 pukul 13:42

    ternyata catatan bu sisil sama dengan blog ini :D

  27. 15 Mei 2012 pukul 11:15

    maksih bunyak yah…
    sngat membntu

  28. hafizh
    29 Mei 2012 pukul 08:26

    terimaksih

  29. 8 Juli 2012 pukul 17:06

    fantastic put up, very informative. I’m wondering why the other specialists of this sector do not notice this. You should continue your writing. I am confident, you’ve a huge readers’ base already!

  30. Tati
    6 Februari 2013 pukul 01:56

    Kalau untuk singkatan doktor (doktoral) dan dokter bagaimana apakah kalau doktor (Dr.) dan dokter (dr.)

  31. Muhamad ikbal
    1 April 2013 pukul 14:22

    Apa perbedaan singkatan yg ke 2 exp:”MPR” sama Akronim yg ke 1 exp :”ABRI” dari situ kita tau bahwa contoh tersebut sama” penulisannaya enggak ada beda .. Jadi saya kurang paham tolong sebutkan perbedaannya minimal 2 ..

  32. Mak mane jang
    14 April 2013 pukul 13:55

    terimakasih ya ini sangat membantu ku untuk menjawab akronim-akronim ;) Ty ^_^

  33. dede
    22 April 2013 pukul 14:48

    terima kasih

  34. 26 Agustus 2013 pukul 23:11

    ketemu pr saya xD :D :3

  35. 26 Agustus 2013 pukul 23:13

    test smile: ;) :) :( :D :p

  36. 20 Januari 2014 pukul 12:54

    Siip. Terimakasih

  37. Ichi
    16 Februari 2014 pukul 08:46

    Terima kasih. tetapi tolong akronim yang jenis ketiga contohnya diperbanyak ya ^_^

  38. Ridho rizqullah Zulkarnain
    2 Maret 2014 pukul 12:11

    bermanfaat banget buat besok gue ulangan,

  39. 7 Maret 2014 pukul 07:03

    It’s awesome in support of me to have a web
    site, which is helpful in favor of my experience.
    thanks admin

  40. 16 Maret 2014 pukul 05:12

    kalau penulisan kata, “ujian nasional,” gimana? –UN menjadi ujian nasional
    -UN menjadi Ujian Nasional
    mohon pencerahannya.

  41. 7 April 2014 pukul 02:43

    Fantastic beat ! I wish to apprentice even as you amend your website, how could i subscribe for a weblog website?
    The account helped me a acceptable deal. I were tiny bit acquainted of this your broadcast
    offered bright clear idea

  42. 7 April 2014 pukul 03:05

    This design is wicked! You most certainly know how to keep a
    reader entertained. Between your wit and your videos, I was
    almost moved to start my own blog (well, almost…HaHa!) Great
    job. I really loved what you had to say, and more than
    that, how you presented it. Too cool!

  43. 7 April 2014 pukul 04:11

    I don’t know whether it’s just me or if everybody else encountering problems with your blog.
    It seems like some of the written text in your content are running off
    the screen. Can somebody else please comment and let
    me know if this is happening to them too? This might be a problem with my internet browser because I’ve had this happen
    before. Many thanks

  44. 7 April 2014 pukul 04:26

    My brother recommended I might like this blog. He was totally right.
    This post truly made my day. You can not imagine
    just how much time I had spent for this info!
    Thanks!

  45. 20 April 2014 pukul 10:00

    You’ve made some really good points there. I looked on
    the web for more info about the issue and found most people will go along with your views on this site.

  46. 27 April 2014 pukul 00:47

    It’s awesome in support of me to have a website, which is
    useful for my know-how. thanks admin

  47. antoneta tucunan
    17 Mei 2014 pukul 06:32

    THANKS.. akhirnya saya dgn selesainya menyelesaikn tugas dgn baik

  48. 17 Juli 2014 pukul 20:54

    thanks akhirnya aku bisa mengerjakan juga

  49. 17 Juli 2014 pukul 21:00

    forever what ever……..makasih

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: